Bibit Sapi asal Pulau Dewata diseberangkan ke Batam melalui Karantina Jambi

Jambi (20/06), Sapi Bali merupakan salah satu sapi potong yang masih menjadi primadona di Indonesia. Hal ini disebabkan karena pertumbuhannya yang cepat. Sebanyak 98 ekor Sapi Bali tujuan Batam ditransitkan melalui Wilker Kuala Tungkal Jambi untuk disertifikasi. Sapi-sapi ini berasal dari Bali untuk pengadaan sapi betina bibit PT. AK. Hal ini merupakan bagian dari upaya penyiapan bibit unggul bagi peternak di Batam untuk memenuhi kebutuhan daging sapi bagi masyarakat.

Sebelum dilakukan sertifikasi, Karantina Pertanian Jambi melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen dan pemeriksaan fisik sapi.

Hasil pemeriksaan dokumen dinyatakan lengkap yaitu dokumen dari daerah asal, Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), serta hasil lab PCR terhadap Jembrana dan Theileria. Salah satu persyaratan tambahan untuk lalu lintas sapi Bali adalah hasil lab PCR negatif terhadap jembrana karena sapi Bali merupakan inang spesifik untuk penyakit Jembrana yang memiliki tingkat penularan yang tinggi. Selain itu dilakukan pemeriksaan fisik terhadap sapi tersebut dan pengambilan sampel darah 10% untuk monitoring penyakit Brucella.

“Hasil pemeriksaan fisik menunjukkan sapi-sapi dalam keadaan sehat dan dapat kita sertifikasi untuk pengeluaran menuju Batam,” jelas Aris Cahyono, Pejabat Karantina Hewan.

#laporkarantina

#KarantinaPertanianJambi