Jelang Idul Adha, Karantina Pertanian Jambi Siaga Jamin Keamanan dan Kesehatan Hewan Kurban

Jambi (23/06), Pejabat Karantina Pertanian Jambi memastikan keamanan dan kesehatan sapi kurban sebanyak 38 ekor tujuan Batam. Sapi-sapi tersebut terdiri dari sapi Bali, sapi PO, dan sapi potong cross yang dilalulintaskan melalui wilayah kerja Muara Sabak, menggunakan kapal KM Asmuliana. Pengiriman sapi tersebut dilakukan sebagai upaya memastikan ketersediaan hewan kurban untuk wilayah Batam.

Sebelum dinyatakan layak berangkat, Pejabat karantina Pertanian Jambi melakukan pemeriksaan dokumen dan fisik sapi. “Dokumen persyaratan lengkap dan semua sapi dalam keadaan sehat yang ditunjukkan dengan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) dari daerah asal dan hasil uji negatif jembrana untuk sapi-sapi Bali, sehingga kami bisa mengeluarkan sertifikat kesehatan karantina (KH11),” ujar Maulana selaku dokter hewan karantina.

SobatQ, dalam menyambut iduladha lalulintas hewan terutama ruminansia meningkat dari biasanya, sehingga kegiatan lapor karantina sangat penting untuk menjamin hewan yang akan disembelih dalam keadaan sehat dan aman dikonsumsi oleh masyarakat. Mari bersama menjaga negeri.

#laporkarantina

#KarantinaPertanianJambi

Leave A Reply