Karantina Pertanian Jambi Perkuat Penegakan Hukum Perkarantinaan dan Keamanan Pangan

Koordinasi dengan Kapolda Jambi

Senin (15/3) – Kepala Karantina Pertanian Jambi, Turhadi Noerachman melakukan koordinasi dengan Kapolda Provinsi Jambi, Irjen Pol A. Rachmad Wibowo, di ruang kerjanya. Turhadi menyampaikan peran strategis karantina pertanian dalam pengamanan sumber daya hayati dan masyarakat Provinsi Jambi pada pertemuan tersebut. Selain itu, Turhadi juga menyampaikan bahwa wilayah kerja Kuala Tungkal di Tanjung Jabung Barat serta Muara Sabak, dan Nipah Panjang di Kabupaten Tanjung Jabung Timur memerlukan dukungan dari tim kepolisian mengingat sangat rawan dari masuknya komoditas ilegal.

Irjen Rachmad mendukung penuh kerjasama yang sudah terjalin dengan baik selama ini dan meminta agar kegiatan pengawasan dan penindakan dapat bersinergi di lapangan. Lebih jauh, Beliau juga menyampaikan agar Satgas Keamanan Pangan di Provinsi Jambi, termasuk Karantina Pertanian sebagai anggota, dapat segera bekerja dalam mengantisipasi ketersedian pangan menjelang Ramadan dan Idul Fitri tahun 2021. “Dalam waktu dekat Ketua Tim Satgas Keamanan Pangan untuk dapat mempresentasikan kebutuhan dan ketersediaan pangan bagi masyarakat Jambi,” ujar Irjen Rachmad.

Pertemuan ditutup dengan penyerahan nota kesepahaman antara Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia dan perjanjian kerja sama antara Badan Karantina Pertanian dengan Kepolisian Republik Indonesia. Kapolda berpesan agar perjanjian kerja sama (PKS) tidak hanya sekedar ditandatangani, tetapi juga harus diimplementasikan secara nyata.

#PatuhKarantina

#KarantinaPertanianJambi

Leave A Reply