Perdana, Wangi Cengkeh dan Bunga Pala Jambi Menuju India

ekspor cengkeh

Jambi – Sejalan dengan program Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks) Kementerian Pertanian untuk menambah jenis komoditas ekspor, Karantina Pertanian Jambi berhasil mengekspor komoditas baru yaitu cengkeh dan bunga pala pada Jumat (19/3) melalui Pelabuhan Talang Duku, Jambi.

Dua komoditas milik CV. VPM ini akan di ekspor menuju India, masing-masing dengan jumlah cengkeh 3,69 ton dan bunga pala 1,82 ton. Adapun total nilainya senilai Rp. 534.338.696,00.

Anita Setyawati, selaku Sub Koordinator Substansi Karantina Tumbuhan mengatakan Setelah melalui serangkain proses sortasi, cengkeh dan bunga pala ini siap diekspor. Penting untuk memisahkan cengkeh dan bunga pala dari kontaminan benda asing seperti rambut, kerikil halus, karet gelang, atau pun yang lainnya.

“Sortasi harus dilakukan dengan teliti untuk menjaga kualitas rempah yang akan di ekspor”, ujar Anita. Lebih jauh beliau mengatakan bahwa kewenangan Karantina Pertanian juga untuk memastikan tidak ada serangga hidup yang terbawa sehingga menimbulkan komplain dari negara tujuan.

Secara khusus, Kepala Karantina Pertanian Jambi, Turhadi Noerachman yang ikut melihat persiapan ekspor perdana dua jenis rempah ini turut mengapresiasi adanya komoditas baru yang di ekspor dari Provinsi Jambi.

“Kita selalu mendorong eksportir untuk merambah komoditas lain yang bisa masuk pasar Internasional,” ujar Turhadi. Ekspor cengkeh dan bunga pala ini dilakukan dengan memperhatikan detail pengemasan yang baik dan memenuhi standar negara tujuan.

“Kami melakukan pengemasan dengan menggunakan plastik polypropilene (PP) dan kemasan kardus tebal untuk menjaga senyawa aromatik rempah dari penguapan sehingga masih dalam kondisi baik hingga sampai ke negara tujuan,” ujar Dina, selaku pengurus ekspor PT. VPM.

#Gratieks

#KarantinaPertanianJambi

Leave A Reply