Data Operasional Karantina Hewan

Kegiatan operasional karantina hewan meliputi impor, ekspor, domestik masuk dan domestik keluar.

1. Impor
Selama tahun 2020 tidak ada lalu lintas Media Pembawa HPHK yang berasal dari luar negeri masuk melalui Wilayah Kerja Balai Karantina Pertanian Kelas I Jambi. Namun ada serah terima tindakan karantina dari BBKP Soekarno-Hatta. BBKP Soekarno-Hatta sebagai tempat pemasukan impor Media Pembawa HPHK berupa 2 ekor orangutan kemudian menyerahkan kepada Balai Karantina Pertanian Kelas I Jambi untuk melaksanakan tindakan karantina hewan.

2. Ekspor
Tindakan Karantina Hewan terhadap MP HPHK ekspor pada sarang burung walet dengan negara tujuan adalah Singapura dan Hongkong. Ekspor sarang burung wallet ini dalam volume kecil dikarenakan bagian dari barang bawaan penumpang. Total frekuensi ekspor SBW pada tahun 2020 adalah 3 kali dengan volume total 9,5 kg.  

Berdasarkan diagram di atas terjadi penurunan frekuensi ekspor dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya pandemi Covid-19 sehingga lalu lintas penumpang keluar negeri berkurang yang berefek pada penurunan ekspor sarang burung walet.

3. Domestik masuk (Domas)

Berdasarkan data IQ-Fast Tahun 2020 ada 5 jenis MP HPHK yang dilalulintaskan paling sering ke wilayah kerja BKP Kelas 1 Jambi yakni  Ayam, Burung, DOC Vaksin/Obat Hewan dan Anjing. Adapun 5 daerah yang paling sering melalulintaskan MP HPHK masuk ke wilayah BKP Kelas 1 Jambi antara lain Surabaya, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Bantul, Semarang.

Frekuensi Daerah Asal MP HPHK Yang Sering Dilalulintaskan.

Frekuensi pemasukan MP HPHK Tahun 2020 dibanding dengan tahun sebelumnya mengalami penurunan yang cukup signifikan yakni sebesar ± 33% frekuensi. Hal ini dipengaruhi oleh pandemi Covid-19 dimana arus lalu lintas barang masuk untuk komoditi MP HPHK melalui bandara udara berkurang. Kondisi ini berlangsung hampir 7 bulan dan bahkan jadwal penerbangan pernah mengalami penutupan.

4. Domestik keluar (Dokel)

Kegiatan domestik keluar melalui wilker UPT BKP Kelas I Jambi pada TA. 2020 telah dilaksanakan sebanyak 4.896 sertifikasi hal ini mengalami kenaikan frekuensi dari tahun 2019 yakni 3.855 kali atau naik sebesar 27,1%. Kenaikan ini didominasi oleh lalu lintas Media pembawa Kroto, Madu dan Sarang burung walet.