Diminati Pakistan, 27 Ton Lidi Nipah Asal Jambi Siap Berangkat

Lidi nipah merupakan produk samping pohon nipah atau Nypa fruticans. Pohon nipah adalah sejenis palem yang hidup di lingkungan hutan bakau atau di sekitar daerah pasang surut dekat tepi laut. Tanaman ini banyak terdapat di pesisir Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi. Lidi nipah memiliki tekstur yang lentur dan berukuran lebih panjang dibanding lidi dari tanaman palem-paleman lainnya seperti kelapa atau kelapa sawit. Selain itu, lidi nipah cukup diminati di pasar ekspor.

Kamis (11/02) Karantina Pertanian Jambi melakukan pemeriksaan jenis dan jumlah lidi nipah yang akan di ekspor ke Pakistan.

“Negara tujuan mempersyaratkan ukuran lidi nipah minimal sepanjang 130cm dan diberi perlakuan fumigasi untuk menghindari adanya hama yang kemungkinan terbawa,” ujar Yaya, kepala Gudang CV. NDK.

Kepala Karantina Pertanian Jambi, Turhadi yang ikut dalam pemeriksaan media pembawa lidi nipah menyatakan bahwa Karantina Pertanian Jambi siap memfasilitasi ekspor nipah, baik dari segi pemenuhan persyaratan hingga berkoordinasi untuk menambah mitra dagang dari negara lain.

#LaporKarantina

#KarantinaPertanianJambi

Leave A Reply