Ditengah Pandemi, Pengiriman Tanaman Hias Meningkat

Pemeriksaan tanaman hias

Permintaan tanaman hias selama pandemi covid-19 terus mengalami kenaikan, hal ini dikarenakan kegiatan menanam dan memelihara tanaman menjadi pilihan oleh sebagian masyarakat untuk menghilangkan stress dikala segala bentuk kegiatan dibatasi. Dampak positifnya tidak hanya bagi peluang usaha tanaman hias itu sendiri, tetapi bagi perusahaan ekspedisi juga. Para ekspedisi juga kini sudah memahami betul bahwa setiap tanaman yang akan dilalulintaskan harus dilengkapi oleh sertifikat karantina.

Jambi (12/01), Karantina Pertanian Jambi mensertifikasi tanaman hias jenis aglaonema dan caladium yang akan dikirim ke berbagi daerah seperti Banyumas, Denpasar, bahkan sampai ke Flores Timur.

“Untuk pagi ini saja satu perusahaan ekspedisi, kami memeriksa dan mensertifikasi tanaman hias ke 33 tujuan yang berbeda,” Ungkap Wiharyanti, Pemeriksa Karantina Tumbuhan Jambi. Pemeriksaan yang dilakukan berupa pemeriksaan fisik dan juga kelengkapan dokumen.

Semakin tinggi tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya melapor ke karantina, maka penyebaran OPT/OPTK, serta HPH/HPHK bisa diminimalisir.

#LaporKarantina

Leave A Reply