Giat Pencegahan Pemasukan Media Pembawa Ilegal, Karantina Pertanian Jambi Lakukan Patroli

Jambi – Provinsi Jambi memiliki sungai Batanghari yang merupakan sungai dengan aliran terpanjang di Pulau Sumatera dengan lebih dari 800 km hingga ke Provinsi Sumatera Barat. Hal ini menjadikan banyaknya celah pemasukan media pembawa yang dibawa melalui kapal-kapal dagang antar provinsi melalui jalur sungai.

Selasa (23/2), Karantina Pertanian Jambi melakukan giat patroli dalam rangka peningkatan pengawasan pelabuhan yang belum ditetapkan sebagai tempat pemasukan dan pengeluaran.

“Salah satu pelabuhan yang belum ditetapkan menjadi target patroli Karantina Pertanian Jambi berada di Teluk Jambu, Kabupaten Muaro Jambi, “ujar Wiharyanti, Pejabat Karantina Tumbuhan.

“Selain itu, patroli juga dilaksanakan di Pelabuhan Muara Sabak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur,” tambah Asnawir, Pejabat Karantina Hewan.

Saat patroli berlangsung tidak temukan adanya lalu lintas MP HPHK maupun OPTK dikarenakan tidak adanya kapal yang masuk. Tujuan patroli ini adalah untuk pengawasan jika seandainya ada kapal ilegal yang masuk melalui pelabuhan tersebut.

SobatQ, bersama Kita menjaga negeri untuk mencegah masuknya Organisme Pengganggu Tanaman Karantina (OPTK) maupun Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK). Ayo lapor ke pejabat karantina dan patuh pada aturan karantina sebelum melalulintaskan media pembawa.

#PatuhKarantina#KarantinaPertanianJambi

Leave A Reply