Perdana, Pengiriman Ulat Bambu Melalui Karantina Pertanian Jambi

Ulat bambu biasa disebut dengan ulat bumbung merupakan salah satu jenis larva yang berasal dari rumpun bambu, memiliki nama asing bamboo borer. Ulat ini banyak ditemukan di hutan sebelah Utara Thailand, Laos, Myanmar, dan provinsi Yunan di China. Ulat ini dapat dijadikan sebagai pakan ternak, seperti burung, ikan, maupun reptil.

Permintaan pasar akan ketersediaan ulat bambu yang semakin meningkat, menjadi salah satu alasan ulat bambu dapat dibudidayakan dan dijadikan usaha yang menguntungkan. Hal tersebut membuka peluang baru bagi pengusaha pakan ternak untuk mulai membudidayakan Ulat Bambu tersebut.

Senin (01/02), Karantina Pertanian Jambi melakukan sertifikasi terhadap 20 Koloni Ulat Bambu. Asnawir selaku Paramedik Karantina Hewan yang memeriksa mengungkapkan bahwa sertifikasi terhadap ulat bambu ini merupakan sertifikasi perdana yang dilakukan oleh Karantina Pertanian Jambi karena komoditas Ulat Bambu ini termasuk komoditas baru yang ada disini.

“Semakin banyak komoditas baru yang dikirimkan melalui karantina, menunjukkan bahwa semakin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk membantu karantina pertanian dalam meningkatkan dan menegakkan fungsi penting karantina yaitu mencegah masuk, keluar, dan tersebarnya HPHK dan OPTK dalam suatu wilayah di Indonesia,” ujar Asnawir.

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianJambi

Leave A Reply