Tiba di Pelabuhan Roro, KMP Satria Pratama disambut Petugas Karantina

Jambi (18/2), Kapal Motor Penumpang yang bertolak dari Batam tiba di Pelabuhan Kuala Tungkal pukul 07.00 dan disambut oleh otoritas kepelabuhan, termasuk didalamnya Karantina Pertanian. Sebagai instansi yang diberi kewenangan untuk menjaga pintu pemasukan dan pengeluaran dari ancaman masuk dan tersebarnya OPTK dan HPHK, pejabat karantina melaksanakan tugas dan fungsi yang telah diamanahkan tersebut dengan bersinergi bersama instansi terkait.

“Kami melaksanakan pengawasan terhadap komoditas yang dibawa oleh kapal dan penumpang, jika ada media pembawa karantina baik hewan, tumbuhan, maupun produk turunannya, maka kami melakukan pengecekan terhadap kelengkapan dokumen, kesesuaian jenis dan jumlahnya,” ujar Shobar, dokter hewan karantina. “Dari hasil pengawasan, tidak ditemukan media pembawa karantina pertanian, hanya terdapat muatan truk, mobil, motor, sepeda dan penumpang yang menuju wilayah provinsi Jambi,’’ pungkasnya.

SobatQ, ayo ikut berpartisipasi dalam melindungi negeri dari masuk dan tersebarnya organisme pengganggu tanaman karantina dan hama penyakit hewan karantina. Caranya dengan selalu lapor karantina sebelum melalulintaskan media pembawa ya.

#LaporKarantina

#KarantinaPertanianJambi

Leave A Reply